Ardian Fazri
Updated on
Tags :
id

Tutorial membuat website dengan eleventy

Ada berbagai cara untuk membuat sebuah website. Kamu bisa menggunakan CMS (Content Management System) yang populer seperti wordpress, joomla & drupal. Atau membangun menggunakan website builder seperti wix, squarespace dan wordpress.com. Kamu bebas memilihnya.

Kebanyakan dari platform tersebut adalah platform yang berjalan di sebuah server dan akan menampilkan website dynamic. Atau biasa dikenal dengan server side rendering, halaman website akan dibuat pada saat halaman website tersebut di akses. Meskipun tidak semuanya seperti itu, tapi kebanyakan masih seperti itu.

Tapi bagi kamu yang sedikit tahu bagaimana performa website statis + cdn, dan mengetahui bagaimana cara membuat website statis, tidak ada salahnya jika Kamu belajar membuat website menggunakan 11ty (Eleventy).

Cara membuat website menggunakan eleventy

Instalasi Node JS & Visual Studio Code

Node JS adalah javascript runtime yang memungkinkan kita menjalankan javascript di luar web browser. Kita bisa jalankan javascript di linux, windows, maupun macOS. Biasanya digunakan untuk development, testing hingga menjalankan aplikasi yang sudah tahap produksi.

Bagi yang belum memiliki Node JS di laptop atau komputer, lakukan tahapan berikut ini.

Download & NodeJS

Link Download NodeJS

Download versi yang direkomendasikan, saat ini adalah versi 16.15.0 LTS yang direkomendasikan. Lalu kemudian install nodejs. Klik dua kali dan ikuti petunjuk instalasi jika Kamu menggunakan windows. Saya kita tidak perlu saya buatkan cara instalasi nodeJS.

Download & Install Visual Studio Code

Download Visual Studio Code

Kita akan menggunakan visual studio code untuk melakukan development website nya.

Visual studio code adalah text editor open source yang dibiayai oleh Microsoft, sangat cocok untuk mendevelop aplikasi berbasis web.

Buka visual studio code

Buka command prompt dan masuk ke direktori yang di ingin kan.

cd nama_direktori_kamu

Buat direktori project

mkdir nama_website

masuk ke dalam direktori project

cd nama_website

buka visual studio code di folder tersebut

code .

Inisiasi project node js

npm init