Aplikasi / Software Alternatif Photoshop Yang Gratis dan Open Source
id

Aplikasi / Software Alternatif Photoshop Yang Gratis dan Open Source

Summary

Ada dua jenis aplikasi yang gratis yang bisa digunakan sebagai pengganti Adobe Photoshop berbayar, Photopea.com dan Gimp. Photopea.com adalah aplikasi berbasis web yang sangat mirip dengan Adobe Photoshop. GIMP adalah aplikasi manipulasi gambar yang bisa di Install di linux, windows dan mac.

Photoshop merupakan aplikasi editing foto yang sangat populer dari Adobe. Tapi karena berbayar, mungkin kamu ingin tahu aplikasi alternatif photoshop gratis yang bisa kamu pakai untuk mengedit foto.

Photopea – Aplikasi online yang sangat mirip dengan photoshop

Screenshot aplikasi Photopea.com

Ada aplikasi online yang sangat mirip sekali dengan adobe photoshop, termasuk shortcut yang digunakan di aplikasi tersebut. Kamu bisa akses aplikasi photopea di photopea.com.

Jika dilihat secara sekilas, kamu akan seperti membuka aplikasi Adobe Photoshop. Jadi kemungkinan besar sangat mudah digunakan oleh kamu yang sudah bisa menggunakan aplikasi Adobe Photoshop.

Hanya saja karena aplikasi online, cara open dan save file menggunakan metode upload dan download. Kamu bisa save di cloud mereka, cuma perlu lisensi premium untuk menggunakannya.

Selanjutnya, aplikasi ini juga memiliki slot iklan yang ada di sebelah kanan layar. Jika itu tidak mengganggu kamu, kemungkinan aplikasi layak dijadikan alternatif aplikasi Adobe Photoshop. Apalagi tidak membutuhkan instalasi, hanya membutuhkan koneksi internet.

Kekurangan yang mungkin ada di aplikasi ini adalah fitur Adobe Photoshop yang baru, Photopea kemungkinan besar hanya memiliki fitur dan filter generic yang selevel dengan Adobe Photoshop CS4 mungkin.

Kekurangan lainnya adalah tidak cocok untuk mengedit foto atau gambar yang sangat besar layaknya aplikasi yang terinstall di komputer.

Kunjungi Photopea.com

Update tentang photopea.com

Kamu bisa menginstall photopea.com sebagai aplikasi PWA - Progressive Web App, fungsinya agar kamu bisa mengakses photopea sebagai aplikasi sendiri. Caranya sebagai berikut :

  1. Buka chrome terlebih dahulu
  2. Masuk ke url photopea.com
  3. Jika sudah terbuka, masuk ke menu more -> install photopea
  4. Aplikasi photopea akan terpisah dari chrome.

Dan, setelah itu kamu bisa langsung search aplikasi photopea langsung dari searchbar lho. Tidak perlu masuk ke chrome terlebih dahulu.

Semoga membantu.

Gimp – Aplikasi Opensource Alternatif Adobe Photoshop

Screenshot aplikasi Gimp

Gimp merupakan aplikasi OpenSource, jika kamu tidak tahu apa itu Open Source, kamu bisa baca artikel saya mengenai apa itu opensource.

Gimp kepanjangan dari GNU Image Manipulation Program, jika diterjemahkan ke dalam Bahasa Indonesia menjadi Program Manipulasi Gambar GNU.

GNU sendiri kepanjangan dari GNU Not Unix, singkatan berulang. GNU adalah sistem operasi yang mirip dengan Unix tapi bukan Unix, GNU dibuat dengan program-program yang gratis.

Meskipun di namanya menggunakan kata GNU, aplikasi Gimp bisa dipakai di Linux dan Windows. Kamu bisa download aplikasi GIMP dengan tombol di bawah ini.

Download GIMP

Tambahan Aplikasi yang berkaitan dengan publishing atau editing gambar dan desain grafis (Honorable mention)

Scribus - Aplikasi Publishing Desktop yang Open Source

Scribut adalah aplikasi publishing yang berjalan sebagai aplikasi Desktop (di Install di komputer) dan Open Source. Mendukung linux, mac dan juga windows.

Kamu bisa lebih mengenal tentang scribus dengan meng-klik tautan berikut ini.

https://www.scribus.net

Inkscape - Aplikasi illustator open source, alternative dari corel draw dan adobe illustrator

Inkscape adalah aplikasi pengolah gambar grafis berbasis vector seperti adobe illustrator dan corel draw. Aplikasi ini tentunya open source dan gratis.

Inkscape mendukung di berbagai macam sistem operasi komputer seperti linux, mac dan windows. Jadi jika kamu adalah illustrator, designer dan artis, tidak ada salahnya jika kamu coba aplikasi ini.

Ketahui lebih lanjut tentang inkscape melalui tautan berikut ini :

https://inkscape.org/