Tips Mudah Cara Menghemat Baterai Laptop
id

Tips Mudah Cara Menghemat Baterai Laptop

Summary

Baterai laptop bisa dihemat dengan cara menutup aplikasi yang berjalan di background, mengatur daya / battery mode, menurunkan kecerahan layar & juga terkadang dengan mematikan wifi atau mengaktifkan mode pesawat.

Kita tahu bahwa laptop sangat berguna saat figunakan secara mobile, artinya bisa digunakan dimana saja. Bahkan ketika tidak ada daya listrik pun, laptop seharusnya mampu digunakan dengan baik. Nah, disinilah peran baterai laptop kamu.

Langsung saja ya, ada beberapa hal yang perlu kamu ketahui saat ingin menghemat baterai laptop. Mungkin bisa juga digunakan untuk menghemat listrik komputer di rumah maupun di kantor, karena pada dasarnya sama saja. Menggunakan resources / sumber daya seperlunya.

Inilah daftar cara menghemat laptop menurut saya :

Ada beberapa aplikasi yang otomatis berjalan saat kamu menghidupkan laptop, sehingga kamu sendiri tidak aware atau memerhatikan aplikasi apa saja yang berjalan saat itu.

Untuk mengatasi hal tersebut, bisa membuka task manager dan disable aplikasi yang menurut kamu tidak perlu berjalan otomatis. Meskipun hal ini tidak akan menutup aplikasi yang sudah terlanjur berjalan, kamu akan mendapatkan keuntungan nanti ketika laptop di-restart.

Untuk menutup aplikasi yang berjalan, tutup dengan menggunakan task manager juga, tab process manager.

Dengan membuka aplikasi yang diperlukan saja, diharapkan prosesor tidak memerlukan banyak daya.

Mengatur mode daya / power mode

Indikator baterai biasanya selalu ada di sistem operasi apapun, contohnya windows 10. Jika ingin menghemat baterai, atur baterai mulai dari level paling bawah, baterai power saver / hemat daya.

Mengatur baterai ke power saver mode membuat prosesor bekerja dengan frekuensi dasarnya, biasanya produsen prosesor sudah membekali ambang batas kemampuan prosesor untuk menghemat daya.

Jika dengan pengaturan tersebut, kamu mengalami kesulitan seperti video yang tersendat, atau performa laptop kurang bagus, maka mulailah untuk menambahkan ke level berikutnya hingga laptop kamu berjalan dengan baik.

Dengan begitu, laptop akan bekerja dengan frekuensi secukupnya.

Layar laptop juga bisa menyumbang borosnya penggunaan baterai laptop. Jika bisa, cari ruangan yang memiliki cahaya sedang atau tidak terlalu terang agar layar masih bisa nyaman dilihat di sekitar kecerakan dibawah 70%.

Jangan terlalu sering gunakan kecerahan layar selalu di 100%. Kalo bisa maksimal di 90%.

Kalo saya pribadi menggunakan brightness atau kecerahan sekitar dibawah 50% jika di ruangan redup. Bahkan terkadang jika saya pakai di ruangan yang tidak terlalu terang, saya masih nyaman di brightness paling bawah.

Mematikan WiFi atau mode pesawat bisa menghemat baterai laptop?

Apakah mematikan WiFi bisa menghemat baterai laptop? jawaban saya mungkin saja, tapi tidak terlalu berdampak jika dibandingkan dengan menghemat baterai dengan mengatur mode prosesor, aplikasi yang berjalan dan tingkat kecerahan layar.

Apalagi jika kamu memang membutuhkan WiFi untuk bekerja atau belajar, tidak mungkin juga mematikan WiFi hanya untuk menghemat sedikit baterai. Apalagi keunggulan laptop adalah mobilitas termasuk memiliki koneksi wireless nya.

Jika kamu bermaksud agar lebih produktif, sehingga kamu bisa fokus dengan hal yang kerjakan, saya dukung itu.

Kesimpulan menghemat baterai laptop dengan mengatur mode prosesor, aplikasi yang berjalan dan tingkat kecerahan layar.

Baterai laptop memang bisa dihemat dengan mengatur beberapa hal, khususnya perangkat yang menyumbang daya terbesar seperti prosesor, kartu grafis, layar monitor dan aplikasi yang berjalan di background.