id

Mau tahu daftar website photo dan video stock gratis? Inilah daftarnya.

Apa itu website photo video stock?

Sederhananya website ini adalah website yang menyimpan banyak katalog gambar, video dan fotografi. Ada yang premium dan memerlukan membeli lisensi, dan ada juga yang membebaskan kita untuk menggunakan gambar mereka secara free.

Nah, didalam artikel ini, kita akan membahas tentang website yang memberikan lisensi gambar gratis untuk berbagai kepentingan, untuk pribadi atau juga bisnis.

Fungsi Foto & Video Stok

Website ini ada karena ada pengguna, biasanya digunakan untuk apa foto / video yang ada di website stok?

Imac show website

Konten website, blog atau aplikasi

Kita bisa menggunakan gambar, foto & video untuk tambahan konten website, blog atau aplikasi sebagai pendukung konten intinya.

Mempromosikan Produk

Digunakan untuk memprosikan produk yang kita jual. Kita bisa memodifikasi gambar, foto atau video untuk keperluan promosi.

Material Marketing

Kalian juga bisa gunakan untuk membuat material jualan seperti thank you card, poster dll.

Konten media sosial

Terkadang kita kesulitan untuk membuat konten yang cocok untuk sosial media, kalian bisa gunakan gambar, foto dan video dari website ini.


Pexels.com

Slogan yang dipakai oleh website ini adalah

"The best free stock photos, royalty free images & videos shared by creators"

Dari slogannya saja sudah menjelaskan apa itu website stock photo dan video gratis. Kita bisa mencari, mendownload photo dan video dengan berbagai resolusi.

Legalisasi dari pexels.com

Semua photo dan video di pexels.com bisa didownload dan digunakan gratis / free.

Apa yang diperbolehkan?

  1. Semua photo dan video di pexels bisa digunakan secara gratis
  2. Tidak memerlukan atribusi, memberikan kredit kepada fotografer atau pexels. Tidak diharuskan, tapi sangat diapresiasi jika kalian lakukan.
  3. Kalian bisa memodifikasi foto dan video dari pexels. Silahkan berkreasi sekreatif mungkin dan mengeditnya sesuka kalian.

Apa yang tidak diperbolehkan oleh pexels?

  1. Jangan gunakan untuk hal yang buruk, khususnya membuat orang yang ada di foto / video terlihat dalam pandangan yang jelek dan offensive.
  2. Tidak boleh menjualnya langsung dalam bentuk apapun seperti poster, print dan produk fisik tanpa memodifikasinya terlebih dahulu. Jadi berkreasilah dulu baru jual.
  3. Jangan mencoba untuk meng-endorse orang atau produk yang ada di gambar / video.
  4. Dilarang menjual foto dan video di platform stock foto dan video lainnya. Karena membuat bingung pastinya, disini diberikan gratis, tapi juga ada yang mengharuskan membeli lisensinya.

Pixabay.com

Slogan yang mereka pakai adalah :

Temukan lebih dari 0,1 juta gambar dan video yang dibagikan oleh komunitas kami yang dermawan.

Ya, mereka memberi tahu bahwa kita bisa mencari berbagai gambar dan video yang bisa kita pakai.

Lisensi pixabay.com

Versi lengkap dari lisensi pixabay ada di "Lisensi pixabay". Sebenarnya mirip-mirip saja dengan pexels.com tapi kalian lebih baik membacanya sendiri di https://pixabay.com/id/service/license/.

Apa yang diperbolehkan pixabay.com

  1. Semua konten (misalnya gambar, video, musik) di Pixabay dapat digunakan secara gratis untuk penggunaan komersial dan nonkomersial di seluruh cetak dan digital, kecuali dalam kasus yang disebutkan dalam "Apa yang tidak diperbolehkan".
  2. Atribusi tidak diperlukan. Memberikan penghargaan kepada artis atau Pixabay tidak perlu tetapi selalu dihargai oleh komunitas kami.
  3. Anda dapat membuat modifikasi pada konten dari Pixabay.

Apa yang tidak diperbolehkan pixabay.com?

Bagian ini hanya berlaku untuk pengguna media dan bukan untuk artis nya.

  1. Jangan mendistribusikan ulang atau menjual konten Pixabay di platform stok atau wallpaper lain.
  2. Jangan menjual salinan konten yang tidak diubah, mis. jangan menjual salinan persis dari foto stok sebagai poster, cetakan, atau produk fisik.
  3. Jangan menggambarkan orang yang dapat diidentifikasi secara buruk atau dengan cara yang menyinggung.
  4. Jangan menggunakan konten dengan orang atau merek yang dapat diidentifikasi untuk membuat asosiasi yang menyesatkan dengan produk atau layanan.

Bagaimana cara berkontribusi kepada artist atau pemilik gambar / video?

Ada beberapa cara yang sangat diapresiasi untuk berbagi rizki / berkontribusi kepada karya mereka.

  1. Membagikan informasi pemilik karya dan link nya
  2. Memberikan sejumlah uang langsung kepada mereka, caranya dengan mengklik link "kopi" di pixabay.com dan "Donate" di pexels.com. Kedua link tersebut ada di akun pemilik karya dan langsung mengarah ke rekening paypal mereka.

Jadi, apakah informasi ini membantu? Kami akan menambahkan list ini beberapa hari berikutnya, untuk sementara kami hanya memasukkan website yang biasa kami pakai.

Kesimpulan

Menggunakan website stock foto / video sangat membantu kita. Kalian bisa menggunakannya untuk berbagai keperluan, pribadi maupun komersial, sebagian besar gratis tapi harus mengikuti syarat dan ketentuan yang berlaku untuk beberapa hal. Silahkan cek secara rinci di website mereka.

https://www.pexels.com/photo/close-up-photo-of-red-flyer-held-by-hands-6565754/ dari cottonbro

https://www.pexels.com/photo/photo-of-imac-near-macbook-1029757/ dari Format

https://www.pexels.com/photo/composition-of-cosmetic-bottle-with-pink-rose-petals-and-wooden-plate-4041392/ dari Karolina Grabowska

https://www.pexels.com/photo/person-holding-midnight-black-samsung-galaxy-s8-turn-on-near-macbook-pro-1092671/ dari Lisa Fotios