Cara mengatasi monitor yang tidak muncul gambar
Ardian Fazri
Updated on
Tags :
id

Cara mengatasi monitor yang tidak muncul gambar

Ini adalah sebuah catatan untuk mengatasi atau ttroubleshooting monitor komputer yang tidak menampilkan apapun di layar, dan bukan tidak bisa masuk ke sistem operasi (windows, linux maupun mac). Jika kamu mendapati problem yang sama, semoga artikel yang saya tulis ini bisa mengatasi masalah kamu.

Prosedur Yang Tepat untuk mengatasi monitor yang tidak menampilkan apapun

Cek kondisi monitor

Ya, mulailah dari cek kondisi monitor dahulu, berikut adalah prosedur untuk mengecek kondisi monitor. It’s happened to me.

Pastikan kabel power monitor tersambung dan mendapatkan daya dengan baik.

Cek indikasi monitor menyala atau tidak. Cobalah mencabut kabel power monitor dan pasangkan kembali.

Jika solusi pertama ini berhasil, maka tidak perlu melakukan prosedur berikutnya.jika tidak berhasil, maka lakukan prosedur berikutnya.

Cek kabel VGA / HDMI / Display Port

Pastikan kabel sudah terpasang dengan baik ke port yang benar.

Jika kamu menggunakan Kartu Grafis (Graphic Card) tambahan, seharusnya kabel terpasang ke kartu grafis dan bukan ke motherboard.

Cek kondisi RAM

Apakah power supply dan motherboard bisa menyala dengan baik, cukup cek fan apakah berputar dengan stabil. Jika stabil, dan belum muncul gambar sama sekali, maka matikan pc. Lalu lepas RAM dan nyalakan komputer tanpa RAM, seharusnya Anda mendengarkan beep 3x berulang yang menandakan motherboard tidak memiliki RAM. Cobalah bersihkan socket RAM dari debu, dan bersihkan pin RAM dengan penghapus pensil atau coba pasang RAM yang lainnya. Kemudian masukkan kembali RAM ke socket dan nyalakan komputer. Semoga berhasil.