30-Day Minimalism Challenge yang bisa kamu terapkan hari ini!
id

30-Day Minimalism Challenge yang bisa kamu terapkan hari ini!

Pernahkah berfikiran bahwa barang yang ada dirumah sudah sangat banyak dan bingunng mau disimpan dimana? Mungkin gaya hidup minimalisme perlu kamu coba nih guys. Bagi kamu yang baru memulainya, ada yang namanya tantangan minimalisme 30 hari (30-day minimalism challenge) dari The Minimalists yang bisa kamu lakukan.

Apa tujuan dari 30 day minimalism challenge ini?

Tujuan utamanya adalah menyaring barang-barang yang kita perlukan saja. Esentials.

Jadi tak ada target kapan selesai dan tidak seharusnya diselesaikan sampai 30 hari. Kalo kita sudah bingung mau membuang apa ya mau gimana lagi. Fleksibel aja ya kan… πŸ˜€

Perasaan untuk menahan barang-barang yang belum tentu dibutuhkan itu kadang menjadi halangan, dan harus diperangi lho. Kita harus jujur terhadap diri sendiri, barang mana yang memang kita harus gunakan dan simpan dan mana yang tidak.

Jadi searah dengan tujuan gaya hidup minimalisme sendiri, semua barang yang kita punya dan kita pakai merupakan barang yang mempunyai nilai, berguna dan kita butuhkan.

Bagaimana cara kerja 30-day minimalism challenge?

  1. Bisa dilakukan sendiri atau bareng teman yang mempunyai tujuan yang sama untuk melakukan 30 days minimalism challenge ini. Kalo ada teman lebih asyik kan!
  2. Donasi, menjual atau membuang barang sejumlah tanggal yang ada. Contohnya di tanggal 1 kamu harus mengurangi 1 barang dan tanggal 2 kamu harus mengurangi 2 barang, dan seterusnya.
  3. Barang yang dipilih bisa saja barang receh seperti hp rusak, baterai hp bekas, laptop bekas dan sebagainya. Kamu pilih sendiri, coba cari di pojok-pojok rumah siapa tahu kamu menemukan barang yang gak dipake selama 5 tahun atau bahkan lebih. πŸ˜€
  4. Yang paling lama bertahan bisa dikatakan menang!

Apakah 30 Days Minimalism Challenge bisa dikatakan challenge produktivitas

Menurut saya pribadi, iya.

Banyak tips yang mengatakan bahwa untuk menjadi produktif, kita harus lebih fokus kepada hal yang penting, untuk menjadi fokus, kamu harus mengurangi gangguan, termasuk merapikan tempat tinggal dan perangkat kerja.

Jadi 30 Days Minimalism Challenge ini juga bisa dikatakan sebagai 20 Days Productivity Challenge juga sih, meskipun goal nya adalah untuk mendapatkan lingkungan yang membantu kamu untuk bisa fokus. Tapi saya yakin ini akan mengubah hidup kamu.

Coba dulu, tidak ada salahnya.

Kesimpulan penulis

Tantangan ini bagus untuk kamu yang ingin mengurangi barang yang dada dirumah dan bingung harus buang yang mana. Dengan melakukan secara bertahap, kamu bakalan tahu mana yang penting dan yang tidak.

Jika kamu sudah melakukannya, jangan lupa untuk tulis pengalaman kamu di kolom komentar di bawah ya, dan juga bagikan ke teman-teman kamu jika artikel ini bermanfaat.

Kamu juga menentukan capsule wardrobe kamu nanti jika sudah menentukan tantangan ini. Apa arti capsule wardrobe? Baca artikelnya di sini.


Kredit

Photo by OVAN from Pexels