Tech Review - Xiaomi Redmi Note 11
id

Tech Review - Xiaomi Redmi Note 11

Xiaomi Redmi Note 11 adalah salah satu smartphone yang keluar berbarengan dengan dua saudaranya, yaitu Xiaomi Redmi Note 11 Pro dan Xiaomi Redmi Note 11 Pro 5G. Saya sudah pakai smartphone Xiaomi redmi note 11 selama 1 mingguan, saya harap pengalaman saya bisa menjadi panduan untuk kamu. So, inilah ulasan saya.

Spesifikasi lengkap Xiaomi redmi note 11 series

Sebelum kita bahas review-nya, kita lihat kembali spesifikasi lengkap Xiaomi redmi note series yuk. Ini dia spesifikasinya.

Kategori Xiaomi Redmi Note 11 Xiaomi Redmi Note 11 Pro Xiaomi Redmi Note 11 Pro 5G
Prosesor
Opsi RAM 4/6
Storage Internal 128Gb 128Gb 128Gb
Layar Amoled FHD+ Amoled FHD+ Amoled FHD+
Ukuran Layar
Baterai 5000 mAh 5000 mAh 5000 mAh
Camera utama 50 MP 108MP 108MP
Camera Wide 8 MP 8 MP 8 MP
Camera Macro 2MP 2MP 2MP
Camera Depan 16MP 16MP 16MP
Flash yes yes yes
Video Recording 1920p 30fps 1920p 30fps 1920p 30fps
NFC yes yes yes
Fast Charging yes yes yes

Desain Mockup Xiaomi Redmi Note 11

Desain ini saya buat menggunakan Adobe XD, silahkan download. Desain Mockup Xiaomi Redmi Note 11

Keunggulan Xiaomi Redmi Note 11

Ada beberapa keunggulan yang mungkin bisa dibanggakan dari Xiaomi note 11 ini.

Opsi storage besar

Opsi storage Xiaomi Redmi Note 11 hanya ada 128Gb, berbeda dengan versi internasional yang mempunyai opsi 64Gb. Menurut saya, hal ini adalah langkah yang bagus. Untuk keperluan saya pribadi, 64Gb sudah kurang bisa diandalkan. Bagaimana menurut kamu?

Salah satu alasan kenapa saya mengganti gadget saya ke Xiaomi note 11 adalah karena opsi storage yang besar. Upgrade dari 64Gb di Xiaomi Redmi Note 9 ke 128Gb di Xiaomi Redmi Note 11.

Layar Super Amoled dengan warna yang tajam

Super amoled dikenal dengan warnanya yang tajam, dan juga memiliki warna hitam yang sempurna. Jenis layar ini cocok untuk digunakan untuk menonton film, video atau sebagainya.

Saya suka layar ini meskipun ada beberapa kekurangan yang perlu kamu ketahui, oleh sebab itu poin ini akan saya masukkan juga ke kekurangan Xiaomi redmi note 11 juga.

NFC

Ya, adanya NFC menjadi hal yang menarik jika kamu membutuhkannya. Saat ini, NFC kebanyakan hanya digunakan topup ewallet.

Saya jadi ingat smartphone asus zenfone 2 dengan processor intel yang saya punya di tahun 2015. Smartphone dengan harga 3.5 juta di tahun tersebut memiliki NFC. Tahun itu, NFC masih hal yang baru.

Dual Speaker

Dengan disemati dua speaker sekaligus, Xiaomi redmi note 11 menjadi sangat asyik saat digunakan untuk menonton film, video meskipun tanpa earphone. Terasa stereo.

Selain itu, jika digunakan untuk menelpon, suara lebih terasa enak dibandingkan dengan speaker telephone pada umumnya. Menurut saya Xiaomi redmi note 11 menggunakan speaker atas yang dikurangi volume nya untuk suara telephone.

Fast Charging yang cerdas

Beberapa kali saya charge Xiaomi redmi note 11 di beberapa waktu yang berbeda. Entah kenapa dia akan charge lebih lambat di malam hari, menurut saya hal cerdas.

Kenapa demikian? menurut saya karena ada beberapa kalangan orang yang suka charge smartphone di malam hari dan dibiarkan saat mereka tidur. Jika men

Kekurangan Xiaomi Redmi Note 11

Baterai cukup standard

Baterai 5000 mA sebenarnya sudah cukup standard dan cukup dipakai seharian, apalagi dengan fast charging. Tapi boleh lah ya kita masukkan ke kekurangan.

Karena jika diberikan 1000 mA lagi, makin mantap. Kan layar super amoled dan frame rate 90Hz membutuhkan daya lebih.

Masih 4G dan belum 5G

Kekurangan ini sebenarnya termasuk personal ya, saya pribadi jujur saja belum terlalu butuh 5G. Menurut saya jaringan dimana saya tinggal juga belum tercover dengan teknologi 5G, sedangkan melihat dari kebiasaan yang saya lakukan, saya mengganti smartphone sekitar 2-3 tahun sekali.

Tapi bagi kamu yang menginginkan teknologi yang baru harus disematkan di smartphone yang kamu pakai, contohnya teknologi 5G, mungkin kamu perlu melirik Xiaomi Redmi Note 11 5G nih.

Kamera biasa aja

Meskipun ditambahkan 2MP dari versi sebelumnya, kamera 50MP ini terasa standard aja sih. Saran saya jangan berharap yang terlalu tinggi ya, khususnya jika digunakan untuk malam hari. Tapi oklah untuk kebutuhan sehari-hari dan membuat konten secukupnya.

Jika teman-teman ingin mendapatkan hasil yang lebih memuaskan untuk kebutuhan yang produktif, mungkin lebih baik digunakan di siang-hari atau dengan pencahayaan yang cukup.

Kemudian untuk perekaman video, juga hanya mentok di FHD 1080p di 30 fps. Tidak bisa 4K dan juga slow motion. Apakah kamu membutuhkan smartphone yang memiliki perekaman video dengan resolusi tinggi dan slow motion? Mungkin perlu melihat kompetitor atau menaikkan budget sehingga bisa mendapatkan smartphone yang support hal tersebut.

Memiliki aplikasi bawaan ala xiaomi (bloatware)

Saya pribadi tidak terlalu terganggu dengan hal ini. Tapi jika Kamu memiliki rasa risih terhadap banyaknya aplikasi bawaan, kamu sebenarnya bisa meng-uninstall aplikasi yang tidak dipakai kok.