Cara membuat ulang website blog dari wordpress ke eleventy
id

Cara membuat ulang website blog dari wordpress ke eleventy

Summary

Prosedur yang harus dilakukan untuk membuat ulang website wordpress ke eleventy adalah dengan mengexport semua url, post artikel, desain halaman yang ada di wordpress. Kemudian membuat website yang baru dengan eleventy dan mengatur redirect jika ada url yang berubah. Atau kalian tetap gunakan wordpress sebagai headless cms untuk supply data yang akan diproses oleh eleventy.

Sebelumnya saya selalu membuat website menggunakan wordpress, CMS (Content Management System) yang saya kenal sudah lama sekali. Sebelumnya, blog ini juga dibuat menggunakan wordpress, dan pada akhirnya saya ubah menjadi website static dengan eleventy - static site generator.

Wordpress vs Eleventy

Langsung saja ke perbandingan ya guys, agar kalian langsung tahu perbedaan tentang wordpress dan eleventy.

Opsi Wordpress Eleventy
Fungsi Utama CMS (Content Management System) Static Site Generator
Platform PHP Nodejs
Database MySql / MariaDb N/A

Sebenarnya wordpress dan eleventy mempunyai fungsi yang berbeda. Jika wordpress adalah content management system, sedangkan eleventy adalah static site generator.

Sebagaimana kita tahu, wordpress harus berjalan di sebuah server yang aktif menjalankan PHP dan juga wajib memiliki database untuk berjalan. Sedangkan eleventy bisa berjalan tidak perlu di server, karena fungsinya adalah untuk membuat / generate website statis sebelum website tersebut kita deploy ke web server.

Wordpress akan memproses, membaca database dan sebagainya di server ketika sebuah halaman diminta oleh visitor website kita. Sedangkan website statis tidak perlu memproses, halaman website bisa langsung dikirimkan ketika ada permintaan oleh visitor.

Keamanan wordpress vs static site

Sudah banyak sekali website yang membahas tentang hal ini, tapi pada dasarnya semuanya sepakat bahwa website statis lebih aman dibandingkan wordpress. Hal ini karena dikuranginya interaksi dan proses di server, web server tidak perlu mengakses database dan sebagainya.

Pernah dengar dengan istilah sql injection? url injection?. Ya, banyak sekali tutorial disana bagaimana menghack website yang berbasi php, wordpress salah satunya.

Bagaimana cara membuat website dengan eleventy

Hmmm...

Kamu cukup sediakan komputer dengan koneksi internet yang bagus, install nodejs, install visual studio code, install eleventy, dan buat website dengan eleventy.

Perlu saya buatkan tutorialnya mungkin ya.. Saya buatkan artikel lengkap nya dan video nya disini.

Tutorial - Bagaimana Cara Membuat Website dengan Eleventy

Enjoy.

Prosedur migrasi dari wordpress ke eleventy

Jika website yang akan kamu buat adalah website baru, kemungkinan tidak memerlukan prosedur ini. Tapi jika kamu migrasi atau membuat ulang website yang sudah ada, saya sarankan menggunakan tahapan yang saya buat berikut ini.

Kenapa prosedur migrasi website penting?

Intinya sih kita tidak ingin kehilangan traffic yang sudah ada, mau tidak mau website kita yang lama sudah di index oleh google dan search engine lainnya. Jadi kita harus "metani" satu per satu secara teliti supaya mereka (search engine dan visitor) tidak kehilangan konten kamu.

Kunjungi link Prosedur migrasi website